Serius Awasi Orang Asing, TIMPORA IMIGRASI NGURAH RAI Lakukan Operasi Gabungan

by Igo Kleden
98 views

BADUNG, DICTUM  – Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Imigrasi Ngurah Rai bersama  Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, UPTD Puskesmas Kuta Utara dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung menggelar operasi gabungan di kawasan Kuta Utara pada Rabu 3 Mei 2023.

Operasi gabungan Tim PORA yang menyasar pada sebuah klinik kesehatan di kawasan Kuta Utara berawal dari informasi masyarakat mengenai dugaan adanya aktivitas WNA yang berkegiatan pada klinik kesehatan tersebut.

Tim gabungan kemudian melakukan pemeriksaan terkait perizinan usaha, perizinan praktek usaha, administrasi serta WNA yang berkegiatan pada klinik tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan didapati bahwa klinik kesehatan tersebut merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dimana mayoritas sahamnya dimiliki oleh WNA asal Australia pemegang ITAS Investor yang tinggal di Bali.

Dalam operasi ini, Imigrasi tidak menemukan pelanggaran keimigrasian baik terkait tenaga asing ilegal maupun penyalahgunaan izin tinggal investor asing. Seluruh staf dan tenaga medis merupakan WNI dan tidak ada WNA yang bekerja pada klinik tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito menyampaikan bahwa operasi gabungan Tim PORA merupakan wujud sinergi antar instansi serta menunjukan konsistensi Imigrasi Ngurah Rai dalam melakukan pengawasan kegiatan orang asing dan penegakkan hukum keimigrasian.

“Tim gabungan sudah memeriksa seluruh dokumen keimigrasian baik paspor dan izin tinggal semuanya masih valid dan tidak ada penyalahgunaan izin tinggal”, terang Sugito.

Sugito juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang proaktif memantau dan melaporkan berbagai jenis pelanggaran atau patut diduga melanggar aturan yang dilakukan oleh Warga Negara Asing kepada Imigrasi Ngurah Rai sehingga dapat diambil tindakan tegas.***rls/igo

Berita Terkait