Ribuan Banser NU Berdatangan ke Bali, Gelar Apel Kesetiaan ke NKRI di Nusa Dua, Bali

by Nano Bethan
21 views
Apel Kesetiaan

DENPASAR, TABLOIDDICTUM – Bali kedatangan ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa. Kedatangan ribuan anggota Banser ini bertujuan untuk menggelar Apel Kesetiaan kepada NKRI dan kepada NU yang akan berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali pada 25 Agustus 2024. Apel yang diikuti sekitar 15.000 orang ini melibatkan kader Ansor-Banser dan Pagar Nusa wilayah Bali dan Jawa Timur.

Ketua PW NU Bali, Kiai Haji Abdul Aziz ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penyeberangan ribuan anggota Banser NU ke Bali. “Kami sampaikan bahwa kedatangan ribuan anggota Banser NU ke Bali ini tidak ada hubungannya dengan politik, tidak ada hubungannya dengan PKB. Hanya kebetulan saja waktunya hampir bersamaan dengan Muktamar PKB. Apalagi adanya isu terkait Cak Imin.

Tidak ada itu. Sebab mereka datang ke Bali untuk menggelar apel kesetiaan kepada NKRI dan kepada NU. Itu yang benar,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis siang, 22 Agustus 2024. Menurutnya, anggota Banser datang dari seluruh provinsi di Indonesia. “Lebih banyak dari Jawa Timur karena jaraknya yang dekat, mudah dijangkau, transportasi juga lancar. Mohon jangan dikaitkan dengan Muktamar PKB. Bahwa banyak anggota Banser yang juga anggota Partai PKB, tidak ada masalah,” tegas kiai Abdul Aziz.             .

Baca juga: JPN Kejari Badung Menang, Majelis Hakim Tolak Gugatan, Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Dilanjutkan

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Addin Jauharudin mengatakan, Apel Kesetiaan digelar untuk mengokohkan barisan generasi muda Nahdlatul Ulama (NU), terutama di tahun transisi pemerintahan Indonesia, sehingga prosesnya berjalan dengan aman. Apel Kesetiaan ini tak terkait sama sekali dengan Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kebetulan juga digelar di Bali pada waktu bersamaan.

“Apel Kesetiaan ini tidak ada sangkut pautnya dengan agenda politik praktis mana pun, termasuk PKB. Panggilan kepada dua badan otonom NU ini dirasa perlu dan perlu dilakukan karena tahun 2024 adalah tahun yang sangat penting bagi generasi muda terlibat dalam membangun pondasi kuat menuju Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Namun ia juga mengakui, ada dinamika yang terjadi di akar rumput belakangan ini tumbuh menjadi aksi yang berpotensi mengganggu marwah jam’iyyah NU. Situasi ini tidak bisa  ditolerir karena merusak tatanan organisasi dan merendahkan martabat para kiai NU.

Banser dan Pagar Nusa tidak akan tinggal diam ketika marwah PBNU diganggu, kiai-kiai kami dihinakan dan direndahkan. Ansor Banser dan Pagar Nusa terpanggil dan menghadap meminta perintah, menunggu komando pada para kiai di PBNU. Apel Kesetiaan juga menjadi bukti bahwa Banser dan Pagar Nusa dalam satu komando dan satu barisan.

Baca juga: Bendesa Adat Berawa Mengaku Berjuang Demi Desa Adat, Berani Sumpah di  Bale Agung dan di Depan Majelis Hakim

Kepala Satuan Koordinasi Nasional Banser Hasan Basri Sagala menambahkan, Ansor-Banser dan Pagar Nusa merupakan badan otonom NU yang memiliki relasi ibarat “Bapak-Anak”. “Sebagai anak, kedua organisasi ini akan tunduk, hormat sekaligus selalu siap mendapatkan mandat apa pun dari PBNU. Menurutnya, Senin, 5 Agustus 2024 lalu,

Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf sudah memberikan pengarahan langsung dalam Apel Siaga Satu Komando kepada pengurus Pimpinan Pusat GP Ansor di Jakarta. Seluruh kader Ansor – Banser diinstruksikan untuk tetap dalam satu barisan, disiplin, dan mengikuti arahan dari PBNU,” tegas Hasan.

Ketua Umum Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen mengatakan, apel adalah kegiatan yang rutin dilakukan organisasi untuk membangun organisasi agar kian solid. Apel Ansor-Banser dan Pagar Nusa tidak bertujuan untuk kepentingan politik praktis, namun dalam kerangka menjaga persatuan Bangsa.

Menurutnya, tak hanya di Bali, Apel Kesetiaan juga akan dilaksanakan di titik-titik lain di Indonesia. “Kita semua dalam satu komando PBNU. Komitmen itu sudah mengakar sejak awal kelahirannya dan terpatri, baik di hati, pikiran, dan perbuatan para kader Ansor-Banser dan Pagar Nusa yang jumlahnya jutaan orang di mana pun berada,” tegas Nabil.  NAN

Berita Terkait